Diadukan pada 18 Juni 2021, 00:40 WIB Dilihat 127 kali
Oleh Anonim Melalui Web Pengaduan Status Aduan Ditutup
Aduan ini didisposisikan ke Dinas Kesehatan DIY
Tracking ID: 1806210001 Kategori Aduan Coronavirus

Penanganan Covid di Sleman

Selamat malam. saya warga kelurahan Margoagung, Seyegan, Sleman. Ingin menanyakan tiga hal:
1. Terkait keakuratan tes swab antigen yang dilakukan oleh puskesmas. Baru-baru ini di desa kami terdapat klaster baru, beberapa warga telah berinisiatif untuk swab mandiri akan tetapi diminta tes ulang kembali ketika tracing dilakukan. Apabila swab mandiri dilakukan sebelum swab bersama dari satgas, maka jika terjadi perbedaan hasil swab akan berlaku yang waktu tes terakhir.
ada 2 kasus yang warga kami tes swab mandiri (bahkan swab PCR, bukan antigen) SETELAH swab bersama dari satgas dilakukan dan hasil swab PCR mandiri menunjukkan hasil negatif sementara ketika swab antigen dari satgas menunjukkan hasil positif. Bukankah seharusnya yang bersangkutan telah dinyatakan negatif?
2. Mengapa swab antigen dari satgas membutuhkan waktu hingga 3 hari untuk mendapatkan hasil sedangkan untuk mandiri hanya membutuhkan waktu maksimal 1 jam? Apabila alasan yang disampaikan adalah banyaknya sampel, bukankah sampel biologis (apalagi targetnya virus) memiliki masa tenggat sampel? harus diproses ASAP? dalam kurun waktu 3 hari sudah berapa banyak penularan yang mungkin terjadi? terlebih penyintas OTG. Hasil swab antigen saja hanya bisa mewakili 24 jam kondisi penyintas, ini hasil swab antigen baru datang 3 hari setelah pengambilan sampel. sangat aneh menurut saya.
3. Dari hasil tracing awal kluster, ditemukan terdapat 47 warga yang dinyatakan positif di desa kami. pagi harinya desa kami dilockdown total, tanpa ada arahan bagaimana mekanisme isolasi mandiri yang benar, dan KE-47 WARGA YANG POSITIF TERSEBUT DIBIARKAN DALAM RUMAH MASING-MASING, SERTA BAGI PENYINTAS YANG TERMASUK OTG TIDAK DIBERI REKOMENDASI OBAT ATAU VITAMIN UNTUK MENUNJANG KESEHATANNYA. Mohon informasinya.

I know there are so many things to do in this kind of situation, but setiap warga pasti mau untuk gotong royong as long as ada arahan yang jelas dan kita tidak merasa ditinggalkan atau dibiarkan.
I'm sorry it took longer than I thought.

Sincerely,
Pasien dalam pengawasan.
Dinas Kesehatan (Dinas Kesehatan DIY)
19 Juni 2021, 08:05 WIB
Terima kasih telah menyampaikan aduan ke E-Lapor Pemda DIY

Berikut tanggapan yang dapat kami sampaikan, setelah melakukan klarifikasi ke Puskesmas Seyegan:
tiga hal:
1. Terkait tes swab yang dilakukan oleh Puskesmas Seyegan, merupakan tes swab PCR hari ke-5, setelah dilakukan swab antigen sebelumnya. Untuk penentuan negatif atau positif mohon berpedoman pada rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim medis.
2. Untuk swab PCR yang dilakukan Puskesmas dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY. Hasilnya keluar hingga 3 hari dikarenakan banyaknya sample, namun demikian tidak mengabaikan penanganan, dengan memantau kondisi warga yang terindikasi mengalami infeksi covid-19.
3. Untuk penanganan warga yang melakukan isolasi Puskesmas telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan Satgas. Hal ini dikarena banyaknya warga yang dinyatakan positif dan juga keterbatasan petugas Puskesmas. Demikian juga terkait obat-obatan dan multivitamin, Puskesmas telah berupaya mendistribusikannya melalui Satgas setempat.

Pada situasi seperti saat ini, diperlukan kerja sama dan koordinasi yang baik oleh semua pihak.Kami berharap dapat terjalin komunikasi yang baik antara warga dengan pihak Puskesmas dan Satgas agar penanganan dapat berjalan dengan baik dan tidak ada yang merasa ditinggalkan/diabaikan. Mohon gunakan saluran komunikasi yang ada secara langsung ke Satgas maupun Puskesmas.

Semoga kita semua dalam lindungan-Nya.

Demikian, mohon maaf jika masih ada yang belum terjawab. Aduan juga bisa disampaikan ke hotline Dinas Kesehatan DIY 08112764800.

Terima kasih.
-- Belum ada komentar --
Silakan login untuk memberi komentar
-- Pengadu tidak menyertakan lampiran --
Alamat: Margoagung, 55561, Seyegan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Lintang: -7.708952817361125
Bujur: 110.29760818506197