Diadukan pada 15 September 2022, 08:14 WIB Dilihat 77 kali
Oleh Angga Setia Melalui Web Pengaduan Status Aduan Ditutup
Aduan ini didisposisikan ke Dinas Sosial DIY
Tracking ID: 1509220002 Kategori Aduan Bantuan Sosial

PENERIMA MANFAAT DI CURANGI

Terdaftar penerima blt bbm tapi tidak disalurkan oleh kelurahan.apa karna kerabat yang mengurusi,sedangkan saya dgn orang tersebut tidak akur.kenapa urusan pribadi disangkut pautkan dengan program pemerintah
Dinas Sosial (Dinas Sosial DIY)
22 September 2022, 05:10 WIB
Selamat pagi Saudara Angga
Terimakasih atas kesediaan Saudara menyampaikan pengaduan melalui E-Lapor DIY.

Merespon pengaduan Saudara dapat kami sampaikan sebagai berikut :
1) Apabila informasi kepesertaan bantuan sosial BLT BBM tersebut Saudara ketahui dari pengecekan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, maka perlu kami luruskan bahwa pengecekan dari laman tersebut akan menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial dari Kementerian Sosal RI di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang diketikkan. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan pengecekan mandiri apakah namanya masuk sebagai calon penerima bantuan sosial atau tidak. Selain itu juga dapat mememberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya.
Sehingga untuk nama-nama yang dimiliki oleh banyak orang, pengecekan dengan cara ini tidak bisa digunakan untuk memastikan nama yang keluar adalah orang yang dimaksud.

Untuk memastikan status keberadaan seseorang dalam DTKS maupun kepesertaan bansos Kemensos, perlu dilakukan pengecekan NIK melalui aplikasi SIKS-NG yang dapat dilakukan melalu Dinas Sosial Kab/Kota/Provinsi. Saudara juga dapat melakukan pengecekan mandiri melalui Mobile App Cek Bansos yang dapat diunduh di Google Playstore, dengan terlebih dahulu membuat akun dan melengkapi data diri dan keluarga.

2) Perlu kami sampaikan bahwa penyaluran BLT BBM dilakukan secara bertahap, karena pengiriman SP2D dari Kemensos juga tidak sekaligus, dan sampai saat ini belum closing. Sehingga apa Saudara telah berupaya memastikan NIK Saudara memang telah muncul sebagai penerima baik melalui pengecekan NIK datang ke kelurahan atau ke kantor POS tetapi belum dapat mencairkan, maka Saudara dapat meminta penjelasan dari pihak POS selaku penyalur.

3) Apabila poin 1 dan 2 telah dipastikan, dan terkonfirmasi bahwa NIK Saudara/i masuk dalam SP2D bantuan tersebut tetapi tidak menerima. Maka silakan lengkap pengaduan Saudara/i dengan NIK agar dapat ditindaklanjuti dengan pengecekan permasalahannya.

Terimakasih.
-- Belum ada komentar --
Silakan login untuk memberi komentar
-- Pengadu tidak menyertakan lampiran --
Alamat: -
Lintang: -7.881907432989788
Bujur: 110.14577993332794